ArtikelBeritaNews

Kick Off Meeting SNI : ISI sebagai Inisiator dan Konseptor hadir pada Kick Off Meeting Perumusan Standar Pembuatan Peta Skala Besar pada Bidang Informasi Geografi/Geomatika Tahun 2021

Kick Off Meeting SNI : ISI sebagai Inisiator dan Konseptor hadir pada Kick Off Meeting Perumusan Standar Pembuatan Peta Skala Besar pada Bidang Informasi Geografi/Geomatika Tahun 2021

Dalam rangka perumusan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan tindak lanjut Surat Keputusan Kepala BSN No. 1/KEP/BSN/1/2021 tentang Program Nasional Perumusan Standar Nasional Indonesia (PNPS) Tahun 2021, ISI mengikuti kegiatan diskusi kelompok bersama BSN, Kementerian/Lembaga, perwakilan Komtek 07-01, dan pihak-pihak terkait lainnya. Pertemuan perdana (Kick off Meeting) ini dilakukan guna mencapai koordinasi dan pemahaman bersama. Pertemuan perdana (Kick off Meeting) dan Diskusi Kelompok tersebut diadakan pada Rabu, 17 Februari 2021, secara daring.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan PNPS Tahun 2021 melalui Surat Keputusan Kepala BSN Nomor 1/KEP/BSN/1/2021. Keputusan tersebut menjadi titik tonggak penting untuk seluruh Komite Teknis (Komtek) yang tersebar di Kementerian/Lembaga agar dapat melaksanakan perumusan sesuai dengan rencana dan jadwal. Komite Teknis 07-01 Informasi Geografi/Geomatika dan Sekretariat Komtek 07-01 Pusat Standardisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial (PSKIG) BIG, mengemban amanah untuk merumuskan PNPS 2021 sebanyak 9 (sembilan) usulan baru dan 1 (satu) PNPS perpanjangan. Diantaranya:

Dalam diskusi kelompok yang dihadiri 50 orang ini, ada dua tema yang dipaparkan yaitu, mengenai Peraturan/Pedoman BSN terkait Penulisan SNI oleh Dina Nur Febrianti dari BSN. Dian memaparakan bagaimana penulisan SNI, mulai dari mengatur margin, penggunaan jenis font, ukuran font, penggunaan table, penulisan matematis, penulisan lampiran, hingga pembuatan Tabel of Content. Serta mengenai Keselarasan Bahasa dan Penerapan Bahasa dalam Penulisan SNI oleh Adi Budiwiyanto dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Kemendikbud). Dalam tema ini, Adi memaparkan bagaimana penggunaan dan pemilihan bahasa yang baik dan benar, juga penggunaan tanda baca yang baik dan benar.

Kick off meeting menjadi momentum penting yang mempertemukan berbagai pihak untuk membahas langkah-langkah strategis perumusan standar. Melalui kick off meeting ini semua pihak dapat berkontribusi memberi informasi, masukan, saran, dan pertanyaan terkait perumusan standar sehingga diharapkan semua pihak dapat segera merumuskan standar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan hingga 11 bulan kedepan.

 

Related Articles

Check Also

Close